Skip to main content
logomodular

Membagi Controller ke Dalam Modul di Codeigniter

Membagi Controller ke dalam modul di Codeigniter – Saat kita membuat sebuah web dengan codeigniter, terkadang banyak controller, model dan view yang kita buat , ditempatkan dalam folder bawaan dari codeigniter. Sudah tentu ini tidak rapi dan akan menyulitkan jika kita bekerja dalam team, dimana terkadang kita tidak sadar mana yang belum selesai dikerjakan. Akan lebih mudah jika kita membaginya ke dalam beberapa bagian, sebagai contoh saat ini kita sedang mengerjakan halaman login, maka kita membuat modul “login”, dan menempatkan controller, model dan view login di dalam modul “login” tersebut.

BACA:

modul gb1

Dengan cara modular seperti ini, jika kita bekerja dalam team, akan sangat mudah membagi pekerjaan ke partner kita. Dimana jika pekerjaan sudah selesai, maka dengan mudah kita menggabungkannya ke dalam codeigniter project kita. Karena cukup memasukkan folder-folder kerja dari masing-masing team ke dalam folder modules yang telah kita buat di codeigniter.  Untuk persiapannya, silahkan temen-temen download terlebih dahulu modular extension di halaman berikut ini: download.

Panduan membagi controller ke dalam modul di codeigniter

1.Ekstrak terlebih dahulu ekstensi modular yang sudah kita download, dan akan kita dapati 2 folder yaitu core dan third_party.

modul gb2

2.Selanjutnya kita copy dan timpa ke dalam folder application codeigniter kita. Timpa saja karena didalamnya sudah ada folder yang sama tapi masih dalam keadaan kosong. Setelah kita timpa dengan ekstensi modular tadi, didalamnya akan terdapat beberapa file baru.

modul gb3

3. Berikutnya kita buat folder modules di application.

modul gb4

4. Didalam folder modules kita buat folder modul sesuai kenginan kita , misalkan login,admin,user, otentikasi, dll. Dalam contoh kali ini saya buat modul “admin” , yang didalamnya diisi dengan folder controllers, model sdan views.

modul gb5

5. Setelah itu kita coba dengan membuat sebuah controller dengan nama Test.php yang kita tempatkan di application/modules/admin/controllers dan kita isi dengan kode berikut:


<?php
defined('BASEPATH') or exit('No direct script access allowed');
class Test extends CI_Controller
{
   public function index()
    {
       echo "selamat datang";
    }
}



modul gb6

 

6. Dan kemudian anda bisa akses controller tadi dengan url localhost/namacodeigniteranda/index.php/admin/test

modul gb7

Catatan Penulis:

Sampai saat ini codeigniter termasuk framework yang paling sering saya gunakan dibandingkan framework lain seperti cakephp dan laravel, yang biasa saya gunakan untuk mengerjakan project-project dari beberapa klien saya. Dan dengan cara modular ini, saya dengan mudah bergabung ke dalam sebuah team pada sebuah project. Jika temen-temen ada yang ingin ditanyakan bisa tulis di kolom komentar atau email saya. Semoga membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *