Skip to main content
membangun jaringan wifi gambar 1

Membangun Jaringan Wifi di Rumah

Membangun jaringan wifi di rumah – Jika kita memiliki jaringan internet di rumah yang berasal dari Internet Service Provider, seperti contohnya Indie Home atau penyedia layanan lainnya. Maka kita dapat membuat sebuah jaringan wifi untuk kebutuhan kita sendiri di rumah atau bahkan di tempat usaha. Untuk Indie Home kita sudah mendapatkan router modem, tapi untuk service provider lain terkadang kita diberi router yang tidak memiliki kemampuan wirelless accessed. Dimana artinya modem ini tidak bisa digunakan sebagai koneksi jaringan wifi, sehingga kita perlu membeli wirelless router sendiri.

BACA:

Membangun jaringan wifi di rumah gambar3

Gambar Wireless Router TL-WR840N.

Pada tutorial kali ini saya ingin membagi pengalaman beberapa kali membangun jaringan wifi untuk kebutuhan sendiri. Alat yang saya gunakan adalah wirelles router dari TP-Link dengan seri TL-WR840N, alasan saya memilih jenis ini karena konfigurasinya mudah dan harga yang relatif murah. Anda bisa mendapat dengan harga Rp.135.000,- di bukalapak.

Kemampuan dari TL-WR840N ini adalah mampu membagi bandwidth sesuai dengan keinginan kita, misalkan jika kita punya jaringan internet dan ingin share ke tetangga via kabel atau wireless (wifi), kita bisa menetapkan batas maksimal dan minimal penggunaan bandwidth nya.

Perlu diketahui, bahwa masukkan dari TL-WR840N ini menggunakan konektor kabel LAN, berbeda dengan modem router yang biasa bawaan dari Indie Home (Speedy), biasanya konektornya adalah ADSL. Untuk jaringan internet yang saya gunakan, konektor dari radio tower sudah berbentuk konektor kabel LAN. Nampak seperti gambar dibawah ini :

Membangun jaringan wifi di rumah gambar2

Seperti nampak pada gambar, slot berwarna biru adalah slot untuk kabel sumber internet dan yang berwarna kuning adalah slot untuk ke perangkat seperti PC atau Laptop. Anda koneksikan semuanya, dan konekkan pc atau laptop anda ke slot warna kuning, anda bebas memilih salah satu diantaranya. Setelah semua nya terhubung , barulah kita memulai pengaturannya.

Pengaturan Wireless Router TL-WR840N

1. Buka browser anda dan ketikkan : tplinkwifi.net , maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Kemudian masukkan username: admin dan password: admin.

Membangun jaringan wifi di rumah gambar4

2. Kemudian pilih pengaturan di menu “Operation Mode” dan pilih “Wireless Router”. Ada 4 pilihan, dimana masing-masing pilihan akan dijelaskan di bawah ini:

  • Wireless Router : ini adalah mode yang memiliki fitur paling lengkap untuk pengaturan pembagian bandwitdh, kebutuhannya sebagai router jika anda tidak memiliki router sebelumnya atau jika anda membutuhkan fitur manajemen bandwith.
  • WISP: Jika anda memakai mode ini, artinya router anda bertindak mirip sebagai radio seperti yang dipasang di tower. Yang artinya router anda akan menangkap jaringan internet yang dipancarkan secara wireless dari sumber internet.
  • Access Point: Ini adalah setingan default dari router ini, fiturnya sangat simple untuk mengatur wifi, jika anda tidak terlalu paham untuk pengaturan wifi, mode ini cara paling mudah. Karena pada mode ini, router anda bertindak sebagai access point dari jaringan wifi.
  • Range Extender: Yang paling keren adalah fitur ini, yaitu pada mode ini router anda bertindak sebagai penguat sinyal wifi dari router yang lain, sehingga jangkuan wifi anda lebih luas. Misalkan router anda sebelumnya hanya di ruang keluarga dan ingin ditambahkan

Membangun jaringan wifi di rumah gambar5

3. Kemudian Pilih menu Wireless >> Basic Settings dan lakukan pengaturan wireless: enabled dan wireless network name: isi dengan nama yang anda sukai. Dan centang enable SSID broadcast, dilanjutkan dengan menekan tombol save.

Membangun jaringan wifi di rumah gambar6

4. Setelah itu silahkan tambahkan password wifinya di menu Wireless Security, pilih WPA/WPA2 dan tambahkan passwordnya di bagian Wireless Password. Atau anda dapat melakukan konfigurasi seperti pada gambar di bawah ini:

Membangun jaringan wifi di rumah gambar7

5. Setelah itu reboot Router anda, caranya pilih menu System Tools >> Reboot, dan anda sudah memiliki jaringan wifi di rumah anda.

Membangun jaringan wifi di rumah gambar8

Catatan Penulis

Pada bahasan lanjutan, saya akan membahas bagaimana cara mengatur bandwidth sehingga dapat dengan mudah anda mengatur mana akses yang menjadi prioritas dan mana yang tidak. Sehingga tidak akan terjadi bandwidth anda dikuras habis oleh 1 orang pengguna saja. Jika ingin bertanya atau berbagi pengalaman, silahkan anda isi kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *