Skip to main content
mengenal javascript gb1

Mengenal Javascript Untuk Pemula

Untuk membuat sebuah website yang dinamis, anda harus terlebih dahulu mengenal javascript. Sebagai contoh ketika validasi form dijalankan, mouse akan otomatis focus ke area yang harus direvisi (contoh: jika password tidak cocok).  Dengan Javascript anda dapat dengan mudah membuat website menjadi lebih menarik dan penuh interaksi.

Apa itu Javascript ?

Javascript merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sangat populer digunakan dalam rangka menciptakan website yang dinamis. Sebuah website yang dapat berinteraksi dengan penggunanya, serta dapat merespon event yang terjadi di halaman browser. Javascript dikembangkan oleh Brendan Eich , dimana awalnya dikenal dengan nama Livescript di tahun 1995. Livescript saat itu diperuntukkan untuk browser Netscape Navigator 2.0, dan seiring dengan berjalannya waktu serta Livescript yang telah berganti nama menjadi Javascript, saat ini telah didukung oleh banyak browser terkemuka.

mengenal javascript gb1

 

Javascript sering disalah artikan dengan Java, jelas keduanya adalah bahasa pemrograman yang berbeda. Java dikembangkan oleh Sun Microsystems, sedangkan Javascript dikembangkan oleh Netscape. Java merupakan bahasa pemrograman dengan aturan yang ketat, sedangkan Javascript merupakan bahasa dengan aturan longgar. Dimana tipe data pada pemrograman Java harus dideklarasikan,sedangkan pada Javascript  tipe data seperti variabel, parameter dan nilai balik fungsi tidak perlu dideklarasikan.

Pada model web awal, saat pengguna mengisi sebuah formulir (form), pengguna diminta untuk mengirimkan semua data ke server. Dimana di server akan dilakukan validasi, dan jika ditemukan kesalahan maka akan dikembalikan ke pengguna, begitu seterusnya. Proses perpindahan data yang bolak-bali dari pengguna ke server ini membuat website sangat lambat, sehingga waktu akan terbuang karena proses menunggu perpindahan data dari pengguna ke server.

Saat ini web yang dilengkapi dengan javascript, mampu melakukan validasi di sisi pengguna (di halaman browser), sehingga data yang dikirimkan ke server adalah data yang sudah jadi dan siap untuk disimpan atau di olah.

Cara Menyisipkan Javascript ke dalam Dokumen HTML

Mengenal javascript untuk pemula – ada beberapa cara untuk menyisipkan Javascript ke dalam dokumen html anda. Secara umum Javascript ditulis dengan format berikut:

<script type="text/Javascript">
......
</script>

Namun ada cara lain yang mungkin anda perlu ketahui, diantaranya:

1. Murni Javascript untuk membuat halaman HTML
Disini dalam file html anda murni menuliskan bahasa pemrograman javascript, dimana di dalamnya anda sisipkan html. Contoh anda copas kode berikut ini dan simpan dengan js.html

<script type="text/Javascript">
document.write("<html>")
document.write("<head>")
document.write("<title>Latihan Javascript</title>")
document.write("</head>")
document.write("<body>")
document.write("Hello world!")
document.write("</body>")
document.write("</html>")
</script>

dan hasilnya:
mengenal javascript gb2

2. Javascript disisipkan langsung ke dalam file HTML.

Disini anda bisa lihat, file dengan format html biasa, kemudian disisipkan program Javascript didalamnya, umumnya ada di bagian tag <head>, namun bisa juga pada bagian tag <body>. Silahkan anda copas kode dibawah dan beri nama js2.html


<html>
<head>
<title>Latihan Javascript 2</title>
</head>
<body>
<script type="text/Javascript">
document.write("Hello World!")
</script>
</body>
</html>

dan hasilnya:

mengenal javascript gb3

3. Menyisipkan file eksternal Javascript ke dalam HTML

Cara terakhir adalah dengan membuat file eksternal javascript dengan ekstensi “.js”, yang kemudian disisipkan ke dalam file html, dengan memberi link ke file “.js” tersebut.

Contoh anda buat saja “file.js” dan copas kode berikut dan simpan di folder yang sama dengan file html selanjutnya:


document.write("Hello World!")

mengenal javascript gb4

kemudian copas kode html berikut dan simpan dengan nama js3.html:


<html>
<head>
<title>Latihan Javascript 3</title>

<script src="file.js"></script>
</head>
<body>
</body>
</html>

dan hasilnya:

mengenal javascript gb5

Catatan Penulis:

Mengenal javascript untuk pemula – Ketiga metode diatas yang paling umum digunakan adalah nomor 2 dan nomor 3, sedangkan jika baris kode javascript anda panjang dan agar mudah dalam pengelolaan file, maka nomor 3 adalah pilihan yang ideal. Hal ini dikarenakan anda dapat mengelompokkan baris kode javascript ke dalam folder tertentu dan memanggilnya hanya saat dibutuhkan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *