Skip to main content
Pilihan text editor untuk ngoding gb1

Pilihan Text Editor Untuk Coding

Pilihan Text Editor untuk Ngoding – Disini saya merangkumnya menjadi 3 pilihan, berdasarkan pengalaman yang saya rasakan setelah menggunakan ketiganya. Pilihan text editor sangat mempengaruhi produktivitas dalam ngoding. Dengan text editor yang tepat, mata akan terasa nyaman dengan susunan huruf , ukuran dan warna yang cocok untuk mata kita. Jika kita menggunakan text editor yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan, terkadang akan membuat kita mengantuk, atau kadang saat melakukan debuging (mencari syntax error) akan sangat kesulitan.

BACA:

Awalnya saya menggunakan notepad++ dalam kurun waktu lama yakni 5 tahun, karena saya tipe setia maka saya enggan berpaling ke text editor lain. Akan tetapi di tahun 2019 saya mendapat mandat untuk memberikan pelatihan ngoding, dan sayangnya notepad++ agak kurang jelas jika ditampilkan ke dalam layar yang lebih besar atau layar proyektor untuk presentasi. Akhirnya saya memutuskan untuk berburu text editor yang saya kira pas untuk kebutuhan saya dan terakhir saya menggunakan visual code text editor.

1. Visual Code

Visual Code ini adalah pilihan text editor pertama yang paling saya sukai, visual code adalah text editor gratis dari Microsoft. Memiliki pilihan warna atau template yang banyak serta dilengkapi dengan console terminal yang dapat berguna anda menginstal untuk kebutuhan node.js dll, mirip dengan console terminal yang ada di linux atau cmd di windows. Dan juga seperti halnya visual studio, pada visual code ini ada semacam library atau pustaka didalamnya, dimana jika anda lupa syntax <input….> maka dia akan memunculkan apa aja attribut atau elemen di syntax itu secara otomatis, dan anda tinggal pilih dan enter saja. Anda bisa mendapatkan visual code disini.

Pilihan text editor untuk ngoding gb2

Gambar 1. Visual Code

 

2. Atom

Atom adalah pilihan text editor kedua yang menurut saya cocok juga untuk saya dan nyaman digunakan. Dan diluar negeri dikategorikan sebagai text editor terbaik,  serta sifatnya yang opensource artinya gratis. Dikembangkan oleh Github, Atom pun memiliki banyak fitur di dalamnya, termasuk template atau pilihan warna yang banyak untuk anda gunakan yang cocok dan ramah dengan mata anda. Kemudahan yang saya rasakan menggunakan text editor ini, adalah saat kita memilih folder kerja kita, maka saat kita membuka file di folder kerja kita akan otomatis muncul di jendela baru. Hal ini tentunya sangat produktif, sehingga kita tidak perlu membuka file explorer untuk mencari file codingan yang berada di folder kerja kita. Untuk Atom, anda bisa mendapatkannya disini.

Pilihan text editor untuk ngoding gb3

Gambar 2. Atom

 

3. Notepad++

Ini adalah text editor legend yang pernah saya gunakan selama 5 tahun. Dikembangkan juga oleh Microsoft dan memiliki fitur auto complete juga sama halnya dengan visual code. Memiliki fitur untuk debugging, Embedded Git, penanda syntax, snippet dan code refactoring. Karena dikembangkan oleh Microsoft juga maka tak heran fitur-fiturnya hampir sama dengan Visual Code. Anda bisa mendapatkan Notepad++ disini.

Pilihan text editor untuk ngoding gb4

Gambar 3. Notepad++

Catatan Penulis

Pada dasarnya notepad++ adalah juara dari segi performance dan kemampuan di dalamnya, sayangnya notepad++ tidak memiliki source control system, seperti halnya Visual Code yang memiliki source control system git. Source control system adalah sistem untuk melacak adanya perubahan pada codingan selama project dibuat. Jika anda sering datang ke github, maka setiap ada patching terbaru akan diinfo baris kode mana yang mengalami perubahan. Kurang lebih semacam inilah source control system git.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *