Skip to main content
server vps gb1

Membeli dan Membangun Server VPS di Linode

Membeli dan membangun server vps sangat mudah sekali, dan banyak perusahaan hosting lokal menjual layanan vps dengan harga yang terjangkau. Disini saya membagi informasi , bahwa anda dapat membeli server vps di Linode.com dengan harga yang relatif murah.

BACA JUGA: Menginstall PuTTY untuk Mengakses Server

Mengapa memilih Linode?

Di kalangan pengusaha hosting, linode adalah suplier VPS. Sehingga jika anda memilih untuk membeli VPS di Linode.com , sudah dipastikan anda mendapatkan harga yang murah. Bahkan jika anda berniat untuk menjual kembali VPS anda dan membaginya menjadi layanan shared hosting, maka hal ini sangat memungkinkan. Saya akan berbagi tulisan untuk secara perlahan memberikan tutorial bagaimana menjadi penyedia layanan hosting.

Daftar Harga VPS Linode

Dari daftar harga dibawah ini bisa anda bayangkan , hanya dengan 5 USD per bulan anda mendapatkan VPS dengan Kapasitas 25 Gb. Dengan 70 ribu per bulan anda sudah mendapatkan hosting server dengan kapasitas yang besar. Tapi tentu saja tidak apple to apple membandingkan VPS polos dengan shared hosting. Untuk membangun shared hosting yang siap dipakai dan dijual, anda membutuhkan sejumlah license diantaranya: Cpanel, litespeed, softaculous, cloudlinux, kernelcare, dll. Sehingga tidak murah untuk membangun VPS setara shared hosting handal. Akan tetapi lain cerita jika anda mengambil VPS untuk dijual kembali, dengan order semua license itu anda dapat menjual shared hosting yang handal, dan anda tetap akan untung besar. Hal ini yang banyak dilakukan oleh pengusaha hosting.

server vps gb2

 

Apa yang dibutuhkan untuk membeli server VPS di Linode?

Untuk membuat akun di linode , anda harus memiliki kartu kredit. Karena setiap transaksi di Linode menggunakan kartu kredit, atau anda bisa menggunakan akun paypal. Untuk penagihan pertama kali , akan ditagih sebesar 10 USD yang akan menjadi saldo akun Linode anda. Jika anda tidak memiliki kartu kredit, maka anda bisa mencoba alternatif dengan kartu VISA rekening Jenius. (Baca : Verifikasi Paypal dengan Rekening Jenius BTPN)

Panduan Membuat Server VPS Linode

1.Setelah anda berhasil membuat akun dan login ke dalam akun, anda kemudian dapat mulai membuat server vps. Pilih vps yang anda ingin aktifkan, ada di menu “Linode”.

server vps gb3

2. Kemudian setelah anda memilih salah paketnya, anda scroll ke bawah dan pilih lokasi datacenternya , misalkan “Singapore”. Lanjutkan dengan menekan tombol “Add this linode”.

server vps gb4

 

3. Jika sudah terbentuk , maka lanjutkan dengan menekan tombol “dashboard” untuk menuju halaman kontrol vps anda.

server vps gb5

4. Kemudian install Operating Systemnya, anda bebas memilih mulai dari distro linux ubuntu, centos ,dll. Saya terbiasa menggunakan Centos. Pilih menu “Deploy an image”.

server vps gb6

5. Pilih OS nya dan tentukan sedikit pengaturan swap memory dan password root nya, lanjutkan dengan menekan tombol “deploy”.

server vps gb7

6. Tunggu proses deploy selesai, kemudian mulai jalankan server VPS anda dengan menekan “BOOT”.

server vps gb8

7. VPS Anda siap digunakan , dengan menggunakan PuTTY anda dapat meremote server anda.

 

Catatan Penulis:

Setelah VPS anda Online, maka anda dapat mengakses server vps anda dengan mengaktifkan PuTTY . Dimana dibutuhkan informasi IP server anda dan Root Password anda, semuanya itu dapat anda temukan di halaman “Dashboard” Linode anda. Khusus password root, adalah password yang anda masukkan saat “Deploy” OS di vps (Langkah ke 5 di panduan).

Yang dapat anda lakukan berikutnya setelah dapat mengakses server vps, maka anda dapat memulai :

  • install cpanel atau panel lainnya . Khusus CPanel adalah Panel berbayar, dimana anda akan diberikan akses gratis selama 15 hari pertama setelah install.
  • Mulai hardening akses SSH anda (akses ke server VPS), ganti port dari 22 menjadi port yang lain, disable root akses dan akses dengan akun bukan root, dll.
  • install security seperti CSF, Maldet dll.
  • install softaculous.
  • Lakukan pengaturan Backup, dimana anda bisa meletakkan file Backup di Google Drive dan Amazon s3 , atau di lokasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *