Skip to main content

Tutorial Java #3: Menampilkan Data ke Dalam Tabel di Netbeans

Menampilkan data ke dalam tabel di Netbeans – Ini adalah tutorial lanjutan dari Tutorial Java #2: Menghubungkan Netbeans dengan Database MySQL  , dan pada kesempatan kali ini saya ingin melanjutkan untuk menampilkan data dari database ke dalam tabel di netbeans. Dan di tutorial kali ini kita akan menggunakan library rs2xml, dengan library ini akan mempermudah menampilkan data ke dalam tabel. Dimana jika tanpa library ini, anda harus membuat dan mengatur kolom dan memasukkan data sesuai kolom satu persatu. Tapi dengan library ini, cukup melakukan query SQL maka tabel akan tersusun secara otomatis saat dipanggil.

BACA:

Mungkin pada saat ini anda belum begitu paham perbedaannya, tapi kedepannya pasti anda akan paham saat anda telah mengetahui lebih dari 1 cara untuk menampilkan data ke dalam tabel.

Sebelum memulai kita harus mendownload file rs2xml.jar terlebih dahulu, anda bisa mendapatkannya di halaman Download. Setelah anda berhasil download file tersebut, copas dan letakkan ke dalam folder yang ada di project netbeans anda.

Setelah anda menempatkan file rs2xml.jar dalam folder project anda, maka akan nampak seperti pada gambar di bawah ini.

netbeans tabel gbA

 

Panduan Menampilkan Data dari Database ke Netbeans

Sebelum masuk kesini saya anggap anda sudah mengikuti tutorial Tutorial Java #2: Menghubungkan Netbeans dengan Database MySQL dan sudah membuat sebuah database di phpmyadmin.

1. Tambahkan Library rs2xml.jar ke dalam project anda dengan cara: klik kanan Libraries/Add JAR/FOLDER.

netbeans tabel gb0

2. Panggil file rs2xml.jar tersebut sesuai lokasi folder project anda, dan untuk membuat rapi , buat saja folder baru di dalam project dengan nama “assets”. Letakkan file rs2xml.jar ke dalam folder asset tersebut.

netbeans tabel gb0B

3. Disini saya menamakan project saya LatihanJava, kemudian silahkan hapus main class bawaan project. Dengan cara klik kanan class yang mau dihapus, dan pilih delete.

netbeans tabel gb2

4. Buat Class Baru dengan nama KoneksiDB.java . Class ini yang bertugas melakukan koneksi ke dalam database MySQL. Caranya klik kanan package “latihanjava” dan pilih Java Class:

netbeans tabel gb1

5. Kemudian ketikkan kode berikut ini di KoneksiDB.java anda:

Dan perhatikan kode dibawah ini, ini adalah kode url database anda, pada latihanjava? silahkan anda ganti dengan nama tabel yang anda buat:


DriverManager.getConnection("jdbc:mysql://localhost:3306/latihanjava?", "root", "");

 

netbeans tabel gb0C

6.Setelah anda selesai membuat class KoneksiDB.java maka dilanjutkan dengan membuat form untuk menampilkan tabel yang akan diisi dengan data dari database mysql. Cara nya klik kanan package dan pilih menu JFrame Form dan beri nama TampilTabel.java

netbeans tabel gb8

 

netbeans tabel gb4

7. Selanjutnya di class TampilTabel.java yang kita buat baru saja, kita klik menu “Design” dan pilih table, dan drag ke dalam form. Sehingga akan nampak seperti gambar berikut:

netbeans tabel gb5

netbeans tabel gb6

8.Kemudian klik kanan pada tabel dan pilih Change Variable Name, masukkan nama “tabelData”. Ini adalah variabel yang akan dipanggil saat kita mau menampilkan data ke dalam tabel ini.

netbeans tabel gb7

9.Selanjutnya klik tombol Source disamping tombol Design. Kemudian kopas kode seperti pada gambar ini

netbeans tabel gb9

Penjelasan singkat kode diatas:

kita import dahulu librarynya, dan yang paling utama adalah net.proteanit.sql.DbUtils adalah library dari rs2xml.jar. Sehingga kita cukup menampilkan data ke dalam tabel dengan tabelData.setModel(DbUtils.resultSetToTableModel(rs));

Dimana tabelData adalah nama variabel dari tabel yang kita buat di menu design sebelumnya, dan variabel “rs” adalah variabel hasil query ke database. Perlu diperhatikan perintah query SQL ada di baris syntax: String sql = “select * from namatabel”;

Dan hasil akhirnya akan seperti ini saat project di compile dan run:

netbeans tabel gb10

 

Catatan Penulis

Pada tutorial selanjutnya saya akan membuat tutorial bagaimana menginput data ke dalam database dengan JForm Netbeans. Untuk tutorial diatas anda mendownload source project disini download. Jika ada yang ingin ditanyakan, anda bisa menghubungi saya di kolom komentar atau ke email saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *