Skip to main content
tutorial node 2 logo

Tutorial Node 2: Mengenal Function Expression

Tutorial Node 2 – Setelah sebelumnya anda mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan, sekarang pada tutorial kali ini kita akan mulai masuk ke dalam materi. Diawali dengan mengenal penulisan function expression pada Node JS.

BACA:

Function Expressions

Jika teman-teman sudah memahami penulisan fungsi pada pemrograman lain, maka penulisan fungsi di Javascript sedikit berbeda bisa dengan fungsi yang standard dan dengan function expressions. Mari kita langsung saja review, dibawah ini contoh penulisan fungsi yang umum kita kenal (dibawah ini penulisan fungsi standard di Javascript):


function Hello(){

console.log('Selamat Datang');

}

Hello();

tutorial node 2 gb 1

Seperti kita lihat diatas ada fungsi Hello() yang akan menampilkan teks ‘Selamat Datang’ saat fungsi dipanggil. Seperti biasa untuk mengeksekusi filenya dengan mengetik “node app” (nama filenya app.js).

Sekarang penulisan dalam bentuk function expression

Pada function expression, fungsi dimasukkan ke dalam sebuah variabel dan kemudian kita panggil variabelnya. Berikut contoh penerapan nya dari kode sebelumnya:

var Hello = function () {
console.log('Selamat Datang');
};

Hello();

tutorial node 2 gb 2
Dari function expressions diatas, dapat dikatakan bahwa “membuat sebuah fungsi yang berisi selamat datang, dan diletakkan di dalam variabel Hello “.

Contoh Lain

Disini saya coba berikan contoh lain yang lebih kompleks dimana kita bisa memasukkan function expression ke dalam sebuah fungsi.

function panggilFungsi(ApaSaja) {
    ApaSaja();
};
var Hello = function () {
    console.log('Selamat Datang');
};
panggilFungsi(Hello);


tutorial node 2 gb 3
Tutorial Node 2 – Contoh diatas kita membuat sebuah function expressions Hello, kemudian kita buat fungsi panggilFungsi(ApaSaja); dimana parameter ApaSaja adalah parameter yang akan dilewatkan ke dalam panggilFungsi. Sehingga ketika fungsi Hello dimasukkan ke dalam parameter dari fungsi panggilFungsi(), maka hasilnya dapat dilihat seperti gambar diatas. Contoh diatas adalah melewatkan sebuah fungsi ke dalam fungsi, dan dalam Node JS ini, pola seperti ini adalah paling banyak digunakan, kedepannya teman-teman sudah terbiasa dengan pola seperti ini.

Catatan Penulis

Tutorial Node 2  – Function Expressions adalah cara lain penulisan fungsi dalam Node JS, dan cara penulisan ini adalah pola yang umum ada di Node JS. Dan anda akan sering menjumpai pola penulisan fungsi seperti ini, oleh karena itu dimulai dari awal kita pahami dulu penulisan function expressions biar tidak bingung dikemudian hari. Resource yang dapat anda pelajari https://devdocs.io/javascript/global_objects/function.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *